Kamis, 07 April 2016

Solusi Belajar Praktis dengan Ruangguru



“Ma, soal yang ini apa jawabannya?” Si bungsu menyodorkan buku berisi soal Matematikanya padaku.
“Hhhhmm apa, ya? Coba tanya Kakak aja. Mama sudah lupa.” 
Saat lain lagi, si Sulung bertanya soal Fisika yang kurang dimengertinya. 
“Ma, bisa nggak soal Fisika ini, tolong jelaskan dong.” 
“Haduh, apa ya? Bentar kita browsing dulu deh. Mungkin bisa ketemu nanti jawabannya.”

Pernah nggak teman-teman mengalami hal sepertiku ini? Anak-anak bertanya soal yang tidak dimengertinya kepada kita, eh kita nggak tau jawabannya hehehe.
Anak-anakku memang tidak les pelajaran seperti kebanyakan teman-teman sekolahnya. Mau belajar sendiri, kata mereka. Tapi jadinya kalo ada soal yang tidak dimengerti, mereka tanya ke Mama atau Papanya, yang nanti ujung-ujungnya tanya deh ke mbah Google. Pelajaran anak-anak sekarang kok lain ya dengan zaman dulu, lebih sulit rasanya. 

Nah, sekarang ini ada situs Ruangguru.com yang bisa mengatasi masalah seperti di atas tadi.  Ruangguru.com yang didirikan oleh Iman Usman (24 tahun) dan Adamas Belva (25 tahun) adalah sebuah situs yang memungkinkan calon murid menemukan calon guru yang tepat untuk menambah pelajaran di luar sekolah atau kampus, atau mengembangkan keahlian tertentu seperti les gitar, les piano, programming dll.

Sesuai tagline Ruangguru.com, "Belajar Apapun dari Siapapun", anak-anak bisa les privat bersama guru-guru berkualitas dengan beragam latar belakang, yang tentunya sudah terverifikasi. Siswa bisa mencari guru privat yang sesuai dengan yang dibutuhkannya. Orang tua nantinya akan mendapat laporan perkembangan dan kemajuan belajar anak. Diberikan kesempatan hingga 3 kali untuk mengganti guru jika tidak cocok, atau uang akan kembali. 

Untuk memulai les privat di Ruangguru.com, kita harus daftar terlebih dahulu. Baru setelah itu bisa memulai untuk mencoba les privat dengan mengambil paket belajar dengan guru yang terdaftar. Kita bisa pilih berdasarkan provinsi, kota, jenjang sekolah dan mata pelajaran yang kita inginkan, setelah itu pilih guru yang sesuai dengan kebutuhan kita.



Tes Ruangguru

Selain bisa les privat, anak-anak juga bisa nih latihan mengerjakan soal-soal yang ada di Ruangguru.com. Ada layanan tes online yang bisa dipergunakan secara gratis. 
Siapa saja yang bisa menggunakan tes Ruangguru? Anak-anak SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.




Keunggulan Tes di Ruangguru.com : 
  • Analisa Performa Latihan Berbasis Topik. Siswa dapat mengetahui kekuatan, kelemahan dalam pengerjaan tes dan topik-topik pelajaran. 
  • Pemantauan Manajemen Waktu. Waktu pengerjaan keseluruhan soal dan setiap topik tercantum dalam laporan pengerjaan. 
  • Tes Ruangguru merekam seluruh pengerjaan tes, topik pelajaran dan menyajikannya dalam laporan yang menarik. 
  • Peringkat dan poin.  Berlomba menjadi yang terbaik di antara teman-teman kamu dan tukarkan poin kamu dengan hadiah yang menarik seperti voucher ruang guru, voucher e-commerce, tiket bioskop, tiket wisata dll. 

Anakku yang duduk di kelas 9 sebentar lagi akan menempuh ujian nasional memakai komputer. Sudah dua kali berlatih soal ujian di sekolahnya menggunakan komputer. Nah kemarin dia mencoba mengerjakan soal matematika yang ada di tes Ruangguru.com ini, untuk persiapan ujian nasional.  Ternyata mirip dengan latihannya di sekolah. Siswa bisa menandai soalnya jika masih ragu dengan jawaban dan juga bisa memberikan masukan tentang soal yang ada, misalnya saja gambar kurang jelas, soal salah dsb.











Waktu mencoba latihan soal ini, ada 11 soal yang gambarnya tidak muncul, jadi 11 soal tidak dijawab. Setelah selesai mengerjakan soal, kita bisa melihat hasil laporannya secara rinci dan ada pembahasannya juga. Asyik banget!


Aplikasi Mobile Ruangguru


Ruangguru.com saat ini sudah meluncurkan aplikasi mobile Ruangguru versi Beta yang masih dalam tahap pengembangan. Aplikasi ini bisa di download pada Google Play.








Kita bisa menggunakan app ini secara gratis lho sampai tanggal 15 April 2016, setelah itu akan berbayar. Layanan ini berperasi mulai pukul 06.00 sampai 22.00 WIB setiap harinya.











 
Pertama kali setelah kita download aplikasi mobile Ruangguru, kita daftar dulu untuk memulai belajar. Ada berbagai jenjang pendidikan yang bisa dipilih, antara lain : Umum, SD, SMP dan SMA. Setelah itu pilih kategori pelajarannya, untuk saat ini masih ada 4 pelajaran saja yaitu : Matematika, Bahasa Inggris, Fisika dan Kimia. 

Siswa bisa bertanya soal yang tidak dimengerti dengan cara mengunggah foto soalnya, beri keterangan tambahan jika perlu. Setelah itu akan dihubungkan dengan guru yang tersedia, tunggu sekitar 180 detik. Setelah terhubung guru dan siswa bisa berkonsultasi tentang soal yang ditanyakan tadi.


 


Dalam aplikasi mobile Ruangguru ini ada fitur beli kredit, namun untuk saat ini masih belum tersedia, kita masih bisa belajar secara gratis.






Menurut pandanganku pribadi nih sebagai orang tua, aplikasi mobile Ruangguru ini sangat bermanfaat sekali, karena :
  • Menumbuhkan semangat belajar siswa dan meningkatkan kemampuan siswa di berbagai bidang dan ketrampilan yang tidak dipelajari di sekolah. 
  • Siswa juga akan belajar berkonsultasi dengan guru dan memecahkan masalah. 
  • Siswa jadi lebih fokus belajar didampingi oleh guru privat yang telah dipilihnya.


Mencoba aplikasi Ruangguru


Semoga ke depan Ruangguru.com akan berkembang semakin luas, semakin banyak guru yang tergabung di Ruangguru.com dengan berbagai macam keahlian maupun ketrampilan.

Untuk aplikasi mobile Ruangguru yang sekarang masih dalam versi beta ini, semoga akan semakin bertambah baik dan sempurna sehingga benar-benar bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya baik untuk guru maupun siswa.

Yuk, teman-teman yang ingin mencoba, download aja aplikasi mobile Ruangguru. Oya, teman-teman bisa menggunakan referral code : belajargratis untuk mendapatkan free credit 30 menit lho. Wuah, lumayan juga kan bisa belajar gratis selama 30 menit.

Selamat mencoba!






22 komentar:

  1. Wah. Runtut sekali penjelasannya Mak Lianny. Sukses ujian ya anaknya...

    BalasHapus
  2. Bisa jadi salah satu solusi nih... walau mungkin saat ini belum membutuhkan... 😉

    BalasHapus
  3. Bisa jadi salah satu solusi nih... walau mungkin saat ini belum membutuhkan... 😉

    BalasHapus
  4. emak-emak juga boleh kan ya ikutan tesnya, biar gak kalah pinter sama anaknya

    BalasHapus
  5. pingin private musik deh jadinya, cari-cari guru yang cocok ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow, private musik? Ntar Pascal sama Alvin minta les musik juga :)

      Hapus
  6. Wah menarikk..
    Kalau mau les jd lebih gampang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadi lebih gampang dan praktis. Kita bisa pilih guru yg cocok sesuai kebutuhan kita :)

      Hapus
  7. kereeennnn...kemarin baru aja tau tentang les privat online bhs inggris lwt WA...skr ada aplikasi yg ini juga..anak2 jaman sekarang bener2 ga susah kalo mau belajar yaa... dulu aku sih slalu tergantung ama papa mbak kalo nanya2 soal trutama fisika, matematika.. papa jagonya :D.. skr mah kalo anakku sampe nanyain soal2 itungan begitu, emaknya lgs ambil bendera putih ;D.. dulu aja bisa dapet 7 udh ajaib bgt ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha pasang bendera putih ya :D
      Aku waktu SD suka tanya2 ke Papa juga.

      Hapus
  8. Pernah Mbak saya ditanya anak-anak soal yang saya juga ngga tahu jawabannya, apalagi bacanya. Haha. Bahasa Arab Mbak. Bahasa Arabnya ngga pakai kasroh dan kawan-kawan. Jiaah kelimpungan deh saya. Betul juga bahwa pelajaran anak sekarang rasanya ngalah-ngalahin zaman dahulu saya sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuull, kayaknya susah2 deh pelajaran anak2 sekarang, beda dengan dulu ya :D

      Hapus
  9. nice info mba, cocok deh buat saya sebagai guru baru...
    doakan ya mba semoga diberi kemudahan dalam mengajar anak-anak didik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, smoga diberi kemudahan dalam mengajar anak didiknya.
      Sukses ya :)

      Hapus
  10. praktis Mak, nggak perlu bunder2 hitam pakai pensil langsung jawab di aplikasinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Sari, ujian pake komputer lebih praktis. Bisa hemat pengeluaran beli pensil dan penghapus juga kan hehehe :D

      Hapus
  11. asik, nih. Jadi bisa bantuin anak-anak belajar :)

    BalasHapus
  12. Sekarang les bisa secara online yah, telkhnologi emang keren, dan anak muda Indonesia juga kreatif kreatif abis. Sukses selalu buat ruangguru.com

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...