Sabtu, 02 April 2016

Berhemat ke Acara Blogger



 Fun Blogging7 - Foto milik mb Ria Rochma



Blogger menghadiri banyak event itu sudah biasa. Apalagi blogger yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Tentu saja banyak undangan event ataupun kegiatan blogger lainnya. 

Aku termasuk blogger yang hampir tidak pernah menghadiri acara blogger karena kendala tempat tinggal. Yah, itu salah satunya, salah duanya adalah karena nggak bisa ninggalin anak-anak, salah tiganya adalah perhitungan biaya juga sih. 

Yang paling dekat dengan tempat tinggalku adalah kota Surabaya, kalo naik kereta sekitar 4 jam perjalanan. Nah kalo naik kendaraan sendiri dengan suami yang nyetir, bisa memakan waktu 6 jam perjalanan hehehe. 

Beberapa kali undangan via email kudapat untuk menghadiri event di Jakarta, tapi ya terpaksa sekali tidak bisa hadir. Jauh amat ke Jakarta, kalau naik pesawat, harus pergi ke Surabaya dulu, atau alternatif lainnya naik kereta, tapi kalau naik kereta tentu saja memakan waktu lama. 

Acara blogger yang kuikuti cuma sekali, yaitu acara Fun Blogging7 di Surabaya. Itupun hampir batal karena anak sakit. Waktu itu karena suami juga kebetulan ada keperluan di Surabaya, jadi kami pergi naik kendaraan sendiri sehari sebelum acara. Kalo pergi pas hari H sudah pasti nggak keburu, kecuali berangkat jam 3 pagi. Jadwal kereta pagi jam 5 sampai stasiun sekitar 9 pagi, belum naik kendaraan ke tempat acara. Bisa telat dong. Jadi batal naik keretanya. 




Nah, sekarang berandai-andai seandainya aku datang ke acara blogger di Surabaya *aku pilih kota yang paling dekat yah, kalau Jakarta kejauhan hehehe. 


Untuk menekan cost saat datang ke acara blogger, aku akan : 
  • Jauh-jauh hari cari tau dulu acara pastinya mulai dari jam berapa sampai jam berapa. Kalau acara start jam 10 pagi ke atas, aku akan naik kereta. Syukur-syukur kalau acara tepat waktu jadi bisa langsung pulang lagi naik kereta, nggak perlu menginap, karena akan ada tambahan biaya lagi kalau sampai harus menginap. 
  • Kalau tidak memungkinkan pulang pergi dan terpaksa menginap, cari penginapan yang dekat lokasi sehingga nggak terlalu banyak keluar uang untuk transport ke tempat acaranya.
  • Untuk penginapannya sendiri, selain cari yang dekat lokasi, cari yang harganya terjangkau dan bersih. 

Yup, kalau sudah direncanakan tapi akhirnya meleset, lebih dari cost yang dianggarkan ya tetep ikhlas, karena datang ke acara blogger tentu karena sudah diniatkan, banyak manfaatnya juga kok, antara lain : 
  • Menambah ilmu 
  • Memperluas networking, menambah teman-teman baru 
  • Berjumpa dengan teman-teman blogger secara nyata, biasanya kan cuma saling sapa di dunia maya aja. 

Seperti waktu ikut acara FunBlogging 7 itu, keturutan deh ketemu trio keren mbak Ani, mbak Haya dan mbak Shinta. Selain itu banyak ilmu yang kudapat dan bisa ketemu teman-teman blogger lainnya. Seneng banget! 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...