Rabu, 30 Maret 2016

Serunya Kumpul Bersama Keluarga Besar


Kumpul rame-rame satu keluarga besar itu asyik banget lho. Sudah menjadi kebiasaan kami untuk kumpul bareng, minimal satu kali dalam setahun. Kalo sudah kumpul, ramenya minta ampun deh, apalagi anak-anak tuh kalo sudah ketemu saudara-saudaranya, main nggak ingat waktu. Yah, mumpung bisa ketemu, dipuas-puasin deh mainannya hehehe. 

Biasanya kami kumpul saat Lebaran, libur kenaikan kelas atau libur tahun baru. Seringnya sih saat Lebaran. Meskipun aku nggak merayakan lebaran, tapi tetep ikutan tadisi mudik, pulang kampung ke rumah orang tua. Cuma 3 jam aja, nggak terlalu jauh. 

Mama punya 4 anak, aku anak yang ketiga. Kalo kumpul bareng jadinya ada 4 keluarga ditambah mama dan papa. Dulunya kami kumpul di rumah orang tua, tapi berhubung cucu mama dan mapa sudah tambah banyak dan tambah besar jadi rumah orang tua nggak cukup buat kami semua menginap, kamar di rumah ortu cuma ada 3 kamar. Jadilah kami kumpul pagi, malamnya balik ke rumah masing-masing. Karena kurang puas ngumpulnya cuma sebentar, akhirnya kami rencana menyewa villa yang tentunya lebih besar dari rumah orang tua, untuk menginap satu sampai dua malam. Eh keterusan sampai sekarang. 


 Villa tempat kami menginap tahun 2011 lalu. Rumah dan tamannya luas. Ini bagian teras depannya, enak banget ngobrol santai sambil makan camilan di sini, apalagi hawanya sejuk.


Kenapa kami menyewa villa, kok nggak nginep di hotel saja? Hotel memang lebih praktis tapi nggak bisa kumpul bareng dong jadinya. Kalo villa lebih enak, kami semua bisa kumpul bareng dalam satu rumah, mau ngobrol sampe malam juga oke. Yang cewek-cewek ngrumpinya di dapur sambil masak, anak-anak mainan, yang cowok ngobrol santai sambil makan camilan di ruang depan. Nah kalo malam, yang cowok itu kebagian tugas membakar ikan atau jagung, bagian kipas-kipas hahaha. 


Tahun 2007. Anak-anak asyik main bareng, entah main apa itu hehe. Sekarang cucu mama dan papa ada 8 orang.



Ini asyiknya villa. Kalo malam bisa bakar ikan atau bakar jagung, nyam nyam


Masakan sudah siap! Serbuu!! Yang tua ngalah hehehe


Manfaat kumpul bareng keluarga: 

 

  1. Mempererat rasa persaudaraan. Meskipun saling berjauhan tapi ada satu waktu kami kumpul bersama. 
  2. Berbagi pengalaman. Lama nggak berjumpa tentu banyak cerita atau pengalaman yang bisa dibagikan nantinya. 
  3. Menyenangkan hati orang tua. Setiap orang tua pasti mengingkinkan kebersamaan seperti ini, berkumpul dengan anak dan cucunya. Kapan lagi kami sebagai anak bisa membahagiakan hati orang tua kalo tidak sekarang. 
  4. Barter oleh-oleh. Kalo mudik, aku biasanya membawa tape untuk orang tua, kakak dan adikku. Hampir setiap mudik bawaannya tape, lha kota tempat tinggalku ini emang yang terkenal tapenya kok hahaha. Pulangnya, gentian aku yang dibawain oleh-oleh. Sudah biasa deh, mudik bawa 3 tas eh pulang mudik bawaannya jadi dua kali lipat, isinya oleh-oleh :D 
  5. Refreshing. Dengan kumpul bareng seperti ini, kami rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari, Biasanya kami kan sewa villa di daerah pegunungan, jadi terasa nyaman sekali. Hawa pegunungan yang sejuk membuat pikiran dan hati jadi lebih fresh. 

Yup, seru banget deh kalo sudah kumpul rame-rame seperti ini :D


3 komentar:

  1. Aku juga 4 bersaudara mb Li..., kebetulan juga sulung. Adikku yang belum nikah tinggal 1..kalo ngumpul juga seruu..

    BalasHapus
  2. Mereka bersama memiliki keseruan masing2sampai skrng, tanpa

    BalasHapus
  3. ahhh iya seru banget kalo sampe nginep di villa. aku pun beberapa kali begitu dan anak2 senangnya luar biasa, jauh lebih snang kumpul2 begitu mereka daripada dibeliin maianan mahal.. bisa jadi bahan cerita berminggu2 :)

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...