Kamis, 25 Februari 2016

Martabak Camilan Favoritku

Musim hujan begini suka jadi laperan, pinginnya makan terus. Jadilah badan tambah melar hihihi. Salah satu camilan favorit keluarga kami adalah martabak. 


Martabak sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu: 

1. Martabak manis. 





Martabak manis atau biasa disebut dengan terang bulan. Isiannya bisa bervariasi, umumnya adalah cokelat meses, keju dan taburan kacang. Tapi sekarang sudah banyak variasi isian yang bisa kita pilih. Contohnya itu adalah martabak enak di Bandung, yaitu martabak Tropica 10 rasa. Kita bisa pilih 10 rasa favorit kita. Asyik banget, ya! 


2. Martabak Asin. 





Nah kalau martabak asin ini biasanya dibuat dari telur dan daging. Telurnya bisa telur ayam atau telur bebek. Kata orang-orang sih, martabak asin ini lebih mantap kalo pakai telur bebek. Aku sendiri lebih suka telur ayam aja. Untuk dagingnya juga bisa ada daging sapi, daging ayam atau daging kambing. Martabak asin ini selain dimakan langsung sebagai camilan, juga enak dimakan dengan nasi lho. 

Enak mana sih martabak manis atau martabak asin? 
Aku suka dua-duanya karena semuanya enak hihi. Kalau anak-anak lebih suka martabak manis. Kadang kalau beli malam hari dan nggak habis, besok paginya aku hangatkan lagi dan dibawa sebagai bekal sekolah oleh anak-anak. 

Pernah sih nyoba membuat sendiri di rumah, baik martabak asin atau martabak manis. Kalau martabak asin jauh lebih mudah bikinnya. Tinggal beli kulit lumpia saja di supermarket, terus isi dengan kocokan telur, bawang prei dan tumisan daging ayam cacah. Lipat sisi-sisinya membentuk kotak dan goreng. Jadi sudah martabak asin plus cabe rawit tambah enak deh makannya. 

Kalau martabak manis juga pernah bikin 2 kali. Yang sekali gosong dan yang kedua kali lumayanlah jadi, cuma menuang adonannya terlalu banyak jadinya tebel dan nggak bisa bersarang. Masih jaulah dengan martabak manis ala abang-abang penjual martabak itu. Lain kali mau nyoba bikin lagi, masih penasaran soalnya gagal terus hahaha. 

Kalau teman-teman suka yang mana nih, martabak asin atau martabak manis? :D 

Sumber foto : https://id.wikipedia.org/




3 komentar:

  1. Suka keduanya. Hihihihi... Makanan asin dan manis itu saling melengkapi. Btw sy pernah nyoba bikin sendiri dan gagal. Jadi waktu mau nyoba lagi, kata suami, ga usah mau apa nanti dibelikan aja. Heuuu....

    BalasHapus
  2. Aku suka keduanyaa.. Cemilan yg ga bosan dimakan.

    BalasHapus
  3. Semenjak mata najwa bahas martabak.. Makannn yg satu ini melesat terkenal... Dan sekarang sudah banyak varian rasa dan bentuknya... Ada martabak boss... Martabak josten..martabak markobar..
    Semoga martabak semakin di kenal..

    Saya sendiri paling suka martbak manis...
    Baru berikutnya martabak asin...
    Heheheheh... Intinya sich. Suka semuanya... :)

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...