Kamis, 05 Desember 2013

Proyek Monumental 2014 : Membuat Sebuah Novel


Menulis adalah kesenanganku sejak kecil.  Saat sekolah dulu, salah satu pelajaran yang kusukai adalah pelajaran Bahasa Indonesia. Apalagi kalau disuruh membuat sebuah karangan, wah senang sekali rasanya, bisa berlembar-lembar aku menulis di kertas itu. Seiring waktu, sejak kuliah aku hampir tidak pernah lagi menulis, apalagi setelah menikah dan mempunyai anak. Mengurus rumah tangga sendiri tanpa ART sungguh tak memungkinkan bagiku untuk menulis, apalagi saat ketiga anakku masih kecil. Tahun 2007 aku mulai mengenal blog yang ternyata sangat mengasyikkan. Aku bisa menulis di laptop, tanpa harus menghabiskan berlembar-lembar kertas. Sejak itu aku mulai menyempatkan waktu diantara kesibukanku sebagai ibu rumah tangga untuk menulis di blog, setelah anak-anak tidur malam, saat itulah aku bisa tenang menulis. Apalagi saat anak-anak sudah mulai sekolah, aku bisa menulis di blog dengan lebih leluasa. 

Banyak hal kudapatkan dari dunia blog. Mengenal banyak blogger dan mendapat banyak ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat. Salah satu blogger yang membuatku “iri” adalah sang komandan BlogCamp yang akrab disebut pakdhe Cholik. Setiap hari selalu saja ada artikel yang dipublish di blognya, dan yang mengagumkan blognya tersebar banyak sekali. Selain itu sudah banyak buku beliau yang terbit. Dua buku beliau yang sudah kubaca adalah “Rahasia Menjadi Manusia Karya Arti” yang sangat menginspirasi dan satunya lagi adalah buku “Blog Mini Penghasilan Maksimal”, sebuah buku tipis tapi benar-benar sangat bermanfaat sekali. Sungguh semangat beliau ini patut diteladani.




Aku benar-benar tertohok dengan perenungan dan pertanyaan “Aku sendiri? Apa yang sudah kuhasilkan selama ini?” Yah, masih belum ada hal besar yang kucapai tahun ini. Awal  Januari 2013 lalu aku mulai belajar menulis fiksi bersama dengan teman-teman di grup MFF. Belum ada setahun, tapi aku bersyukur karena banyak ilmu kudapat dari sana. Masih belajar untuk membuat cerita pendek yang disebut flashfiction yang rata-rata kurang dari 500 kata. Sekarang di blogku sudah ada 46 buah FF, jumlah yang seharusnya sudah bisa dibuat menjadi satu buku tersendiri. 

Demikian juga dengan event “30HariNonStopNgeblog” yang telah selesai diselenggarakan oleh Blogdetik, minimal sudah ada 30 artikel non fiksi yang bisa dibuat menjadi satu buku. Apalagi yang kutunggu? Kemalasan dan ketakutan.. Yah, mungkin aku terlalu malas dan terlalu takut untuk mencoba, tapi memang semuanya pasti butuh proses dan setelah itu baru bisa terwujud.

Tahun 2013 ini, dalam proses belajar menulis fiksi yang baru setahun, sudah ada 2 bukuku yang diterbitkan secara indie, yaitu buku "Best Of Monday Flashfiction" dan "Kata Mitos". Bukan buku solo, melainkan buku antologi bersama teman-teman lainnya, yang royaltinya disumbangkan kepada yang membutuhkan. Salah satunya adalah untuk “Hibah Sejuta Buku.” Buatku sebagai pemula, tentu aku sangat bersyukur sekali bisa lolos seleksi dan menjadi salah satu penulis di buku antologi itu.








 

Dan sebagai proyek monumentalku tahun 2014 nanti aku merencanakan untuk membuat sebuah novel. Terlalu muluk? Iya, mungkin terlalu muluk bagiku, karena aku terbiasa menulis tentang hal-hal yang biasa terjadi di sekitarku, tentang tumbuh kembang anak dan hal-hal lain di luar fiksi. Dunia fiksi memang baru kugeluti setahun terakhir ini. Tapi aku bertekat untuk terus belajar. Aku ingin belajar menuangkan pemikiran dan imajinasi yang ada dalam bentuk sebuah novel. Tak ada kata terlambat untuk belajar, dimana ada kemauan disitu pasti akan ada jalan. Jika ditekuni dan dikerjakan dengan sungguh-sungguh, sesuatu yang terlihat muluk ini pasti bisa diraih.

Tahun 2014 nanti masih ada 12 bulan yang akan berjalan, aku berharap paling lambat Desember 2014 nanti, aku bisa menerbitkan sebuah novel. Keinginan untuk membuat novel ini bukan sekedar untuk ikut-ikutan, bukan untuk menyombongkan diri, melainkan terlebih karena ingin memberikan sebuah karya, minimal untuk keluarga tercinta. Yang dibutuhkan sekarang adalah doa, keberanian, kerja keras dan ketekunan. Semoga dengan bantuan teman-teman dan ijin Tuhan, impianku ini bisa terwujud.



4 komentar:

  1. Ayo mbaaaak. pasti bisaaaa... wong jadi 5 besar MFFIdol kok, nulis novel mah gampiiiiil *kedipkedip* hohoho

    Gudlak ngontesnya mbak ;)

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Kontes Unggulan : Proyek Monumental Tahun 2014
    Akan saya catat sebagai peserta
    Keep blogging
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  3. @Orin : Wah aku nggak ada apa2nya klo dibandingkan Orin. Makasih ya :)

    @Pakdhe : Makasih pakdhe :)

    BalasHapus
  4. Bener-bener sudah ngebuktiin kalau gak ada kata terlambat untuk memulai nulis ya mbak :) saya bisa belajar banyak hal dari tulisan ini mbak, terimakasih... Semangat ngeblog terus mbak :)

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...