Selasa, 18 Juni 2013

Blog Tanti’s Story – Merangkai Kata Dalam Kenangan

Dalam rangka memperingati hari berdirinya BlogCamp yang ke 4, sang komandan BlogCamp mengadakan Kontes Unggulan Blog Review : Saling Berhadapan. Pertama kali membaca judulnya, aku tertarik untuk melihat isi postingannya. Review saling berhadapan itu seperti apa ya? Kok seperti hendak maju ke medan perang saja, pakai berhadapan segala he he. Ternyata review berhadapan itu adalah dua orang berpasangan yang akan saling mereview blog masing-masing. Baru sehari pengumuman ini digelar, langsung saja banyak yang “cari jodoh” di group. Dan aku sudah menemukan "jodohku" yaitu mbak Astin Astanti.

Astin Astanti – Pemilik Blog Tanti’s Story.
Aku mengenal bahwa Astin ini masuk dalam beberapa group di FB yang sama denganku antara lain group KEB, WB dan MFF. Aku mulai sering mengunjungi blognya saat mbak Astin menulis fiksi di grup MFF. Tetapi yang paling kuingat adalah saat mbak Astin share linknya di grup KEB http://dapurastata.blogspot.com/2013/05/kampanye-hari-bekal-nasional.html. Aku ingat betul postingannya tentang hari bekal nasional ini, karena gambar tempat makan yg ada di postingannya, sama dengan tempat makan anakku, hanya warnanya saja yang berbeda.
Meski baru sebentar mengenal mbak Astin, tetapi menurutku mbak Astin adalah sosok seorang wanita yang ramah, murah senyum dan enak diajak berkomunikasi.


Tentang Blog Tanti’s Story – Merangkai Kata Dalam Kenangan (http://www.astinastanti.blogspot.com/)

Inilah hasil pengamatanku setelah berkunjung dan berlama-lama di blog Tanti’s Story ini ..



Tampilan Blog

Header
Saat membuka blog ini, muncul header dari blog yaitu gambar sebuah taman dengan rumput yang hijau, bunga yang bermekaran dan kupu-kupu yang hinggap di bunga itu. Uniknya jika mouse kita geser kekiri dan kekanan maka awan-awan dan kupu-kupunya ikut  bergerak sesuai gerakan arah mouse kita. Memandang header dari blog ini rasanya nyaman sekali. Seperti berada dalam taman sesungguhnya yang begitu indah, dan kita bisa bermain dengan gembira di situ, berlarian dan berkejaran. Warna langit yang biru cerah semakin membuat gambaran taman itu terasa begitu ceria. Memandang headernya saja membuatku betah berlama-lama di blog ini.

Navbar
Bagian navbar ada Home, About Me, Celoteh Anak, Story of Me, Travelling, Contest , Info, Dapurkoe dan About News. Untuk Dapurkoe dan Celoteh Anak, saat di klik, kita dipindahkan ke blog lainnya. Ini menunjukkan bahwa mbak Astin tidak hanya mempunyai satu blog, tetapi beberapa blog dengan tema sendiri-sendiri, misalnya untuk Dapurkoe yang diulas tentang segala hal tentang masakan. Celoteh Anak yang diulas adalah cerita tentang Faiz anaknya.

Template dan Sidebar
Template yang digunakan adalah Flower Garden template, designed by Ipietoon. Warna dominan  coklat muda. Bagian sidebar diantaranya terdapat Banner Iklan dan Banner Komunitas, Label yang berisi kategori dalam postingan, Arsip blog, Slideshow Foto, Popular Post, dan Link Blog para sahabat blogger. Judul tiap bagian di sidebar mempunyai font berwarna putih dengan background merah fanta. Tiap bagian di sidebar dipisahkan dengan kotak (border) sehingga terkesan rapi. Popular Post yang ada di sidebar akan membuat pembaca penasaran untuk membaca ceritanya.

About Me
Aku mengira akan mendapat data diri seorang Astin di About Me ini secara jelas, tapi ternyata aku keliru. Di situ disajikan cerita-cerita pribadi mbak Astin seperti perjalanan ke Bandung dengan anaknya, perjalanan mudik, cerita tentang ulang tahun dan lainnya. Jadi aku mengambil kesimpulan, About Me di blog ini adalah menyajikan cerita tentang berbagai peristiwa kehidupan dari mbak Astin.

Bidang Artikel
Bidang untuk menampilkan artikel sudah bagus dengan backgoud berwarna putih tulang, dengan Judul artikel berwarna merah fanta. Untuk font artikelnya menggunakan warna hitam keabu-abuan. Dan tiap artikel diberi jump break di bagian home dengan hiasan kupu-kupu yang indah di depannya.  Di bawah tiap artikel ada related post, ini bagus sekali karena bisa menarik minat pembaca untuk berlama-lama di blog ini dan tentu saja hal ini akan berdampak pada pagerank blog yang akan semakin membaik. Cuma antara artikel paling atas dengan artikel di bawahnya ada suatu jarak (space) kosong yang bagiku terkesan kurang rapi dilihat. Aku tidak tahu, apakah memang ini bawaan template nya seperti itu, ataukah bisa space kosong ini dibuat nyambung. Jika bisa diperbaiki, pasti akan terkesan lebih rapi .

astin tengah
Footer
Bagian footer blog diisi dengan beberapa banner iklan. Menurutku hal ini baik, karena bisa membuat tampilan blog sedikit lebih rapi, karena jika semua banner diletakkan di sidebar maka kesan dari  sidebar akan terlalu ramai.


Kinerja Blog

Page Rank
Dari hasil penelusuran yang saya lakukan lewat Google – Alexa Rank Checker didapat data sebagai berikut.

a. Page Rank : 0
b. Alexa Page Rank 1,302,145
Setelah kuteliti lebih lanjut, teryata blog ini baru mulai berdiri pada Juni 2012, jadi masih 1 tahun. Pantas saja PR nya masih 0, karena usia blog ini masih unyu-unyu. Ibarat seorang anak, umur 1 tahun adalah umur seorang anak mulai belajar berjalan. Dengan aktif mengupdate postingan dan berbagai promosi, aku yakin blog Tanti’s Story ini dalam satu tahun kedepan akan bisa naik rankingnya.

Artikel
Meski baru setahun, blog ini sudah berisi 132 postingan (sampai tulisan ini dibuat), dengan rincian arsip sebagai berikut:
2013 (74)
     Juni  (3)
     Mei  (8)
     April  (17)
     Maret  (14)
     Pebruari  (12)
    Januari (19)
2012 (58)

Buatku sih untuk mbak Astin yang memiliki blog lebih dari 4 buah, jumlah postingan ini sudah lumayan bagus, karena mengupdate postingannya pasti bergantian antara blog yang satu dengan blog lainnya. Tetapi mbak Astin tetap bisa me-monetize masing-masing blognya sehingga semuanya bisa optimal.

Index di Search Engine
Ketika saya mengetikkan di browser kata: Tanti’s Story , ternyata blog ini berada di urutan no 1 Google.


Kecepatan Loading.
Kecepatan loading blog Tanti’s Story ini sebagai berikut:
a. Dengan menggunakan developers.google.com/speed/pagespeed dikatakan bahwa :   The page Tanti’s Story got an overall PageSpeed Score of 81 (out of 100).

b. Dengan menggunakan www.iwebtool.com/speed_test  load time tercatat 0.48 seconds.
 


Postingan Blog

Membaca postingan di Tanti's Story tidak pernah membuatku bosan. Gaya bertuturnya enak, nyaman untuk dibaca dan dimengerti. Aku suka cerita-cerita tentang Faiz anaknya, karena dalam cerita-cerita ini ada hal-hal berbau parenting yang sangat kusukai. Dan postingan-postingan tentang dapur dan masakan, itu aku juga suka banget. Tetapi aku paling suka membaca postingan yang ada di Info, karena semua postingan yang ada di situ sangat berguna sekali untuk menambah pengetahuanku tentang berbagai hal yang sebelumnya aku tidak tau. Sebagai contoh, dalam postingan “Perdarahan Rahim, selain bercerita tentang pengalaman pribadinya, juga diulas mengapa bisa terjadi perdarahan rahim, faktor-faktor penyebabnya dan pengobatannya juga. Postingan “Terkilir” mengulas tentang pengertian terkilir, kategori terkilir dan juga cara mengatasinya. Sungguh informasi yang bermanfaat sekali.


Saran :
  1. Antara posting yang paling atas dengan postingan di bawahnya sebaiknya tidak ada tempat kosong, sehingga lebih nyaman di pandang. Jika memang itu space untuk iklan, sebaiknya diisi saja, karena terkesan agak aneh dan tidak nyambung jika dibiarkan kosong begitu.
  2. Untuk About Me sebaiknya diisi dengan sedikit perkenalan tentang diri seorang Astin Astanti sehingga pembaca tidak sampai bertanya-tanya siapa sebenarnya sang pemilik blog.
  3. Bagian label dan archive yang ada di sidebar menurutku lebih baik dipindahkan di bagian atas dari Media Social, sehingga pembaca akan lebih mudah mencari postingan yang diinginkan.
  4. Bagian Sidebar, ada bagian yang bertuliskan “Paginas” (ada 2) yang mengarah ke home, sebaiknya dihilangkan saja karena di bagian navigasi sudah ada “Home”.
Demikian hasil pengamatan yang kudapat dari Blog Tanti’s Story. Secara keseluruhan tampilan blog ini serasi dan nyaman untuk dikunjungi. Overall this blog is nice..


7 komentar:

  1. Mba Lianny...terima kasih banyak, sudah duluan review blogku. Eheeem...akhirnya ada yang mengomentari blogku, terima kasih pakde Cholik atas kontesnya.

    Nanti aku jawab ya Mba, di postingan.
    Mba Lianny keren. Sukses Kontesnya Mba Lianny.

    Salam
    Astin

    BalasHapus
  2. Kembali lagi Mba Lianny...kali ini dengan senyumanku paling indah..hehee, terima kasih ya...

    Ini ceritaku untuk postingan di atas.
    http://astinastanti.blogspot.com/2013/06/kontes-unggulan-blog-review-saling.html

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  4. wah keren ini review nya saya belum pernah review jadi tahu deh

    BalasHapus
  5. @ Astin : Makasih juga sudah mau mereview blogku. Kutunggu masukan, saran dan kritiknya tentang blog ini ya :)

    @Hana : ayo ikutan mereview mak :)

    BalasHapus
  6. Maaaak, aku mendekat lagi ke siiini, aku ambil gambar kamu yaa Maaak, buat postingan blog akuuhg,,,tingkiuuu

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...