Senin, 07 Januari 2013

Review Blog : Sindrom Pra Ujian Sudah Berakhir

Sebelumnya aku ucapin selamat ya buat Idah Ceris yang sudah menyelesaikan kewajiban sebagai mahasiswa setelah 4 tahun lamanya menuntut ilmu, aku turut bahagia juga. 

Aku memilih postingan di kategori "Tentang Rasa" dengan judul : Sindrom Pra Ujian Sudah Berakhir ... karena aku suka banget dengan postingan ini. Saat membaca baris demi baris cerita Idah Ceris di postingan itu, seakan-akan semua kejadian itu aku sendiri yang mengalaminya. Aku ikut deg deg an saat membaca bahwa dua hari sebelum maju ujian Idah malah jatuh sakit dan tidak bisa belajar secara maksimal tentunya. Aku ikut merasakan ketegangan saat hari ujian tiba dan aku juga akhirnya bisa menghela nafas lega saat ujian sudah usai dan merasakan kebahagiaan saat dinyatakan lulus ujian. Cerita ini begitu mengalir dan mampu membawa anganku melayang ke saat - saat ujian kelulusan yang juga pernah kualami dulu ...

Membaca postingan Idah Ceris ini aku menjadi sedikit prihatin dengan sindrom yang dialaminya saat akan menghadapi pra ujian, kenapa kubilang sedikit prihatin? Ya .. karena banyakan seyumnya saat membaca postingan itu daripada prihatinnya * ampunnn … siap-siap ditimbuk sama laptopnya Idah Ceris*
Maap .. map ya, ku senyum bukan menertawakan dikau, tapi lebih pada menertawakan diriku sendiri, karena cerita ini membuatku teringat akan saat-saat aku kuliah dulu, hari-hari menjelang ujian dan saat – saat menghadapi ujian kelulusan ... sindrom pra ujian yang juga pernah kualami. Apalagi ada kesamaan jurusan kuliah dengan Idah Ceris .. sama-sama Jurusan Informatika … he.. he.. ayo tos dulu.. tos!!

Ah Idah Ceris masa cuma ngliat tumpukan map kuning aja kok sudah sindrom duluan sih, ngliyeng2 gitu. Aku dulu aja gak kayak gitu deh saat ngliat tumpukan map kuning … nah kalo ngliat tumpukan map merah baru deh aku yang gantian ngliyeng2 he.. he…soalnya warna merah itu identik dengan jurusanku saat itu ..

Dalam postingan itu diceritakan bahwa pra ujian Idah Ceris hari Rabu dan dapat nomor 9 (eh tapi tanggal berapa ya saat itu, tidak disebutkan tanggalnya sih , yang pasti sebelum 22 November 2012 .. karena postingan kilas balik ini dipublish tanggal 22 November 2012, betul kan? Betul dong .. ) ..

Nah dua hari sebelumnya yaitu hari Senin Idah Ceris sempat sakit demam yang membuat badannya lemas dan di hari Selasa semakin bertambah parah … HUfff ikutan lega deh saat di hari Rabu itu badan Idah Ceris sudah seger lagi.

Dan memang betul sih apa yang ditulis Idah Ceris tentang ujian pendadaran itu :
1. Susah #kalau tidak belajar
Kalau kita belajar dan mempersiapkan diri dengan baik maka kita akan jauh lebih siap dan lebih tenang saat menghadapi ujian.
2. Penuh dengan sensasi #kalo tidak menyiapkan mental
Makanya kita harus mempersiapkan mental kita jauh-jauh hari sebelum ujian sehingga pas hari ujiannya mental kita sudah tahan banting, siap dengan resiko apapun hasil ujian yang harus dihadapi.  Tetapi kebanyakan tuh banyak peserta ujian yang kurang mempersiapkan mentalnya menjelang ujian karena … udah ketebak kan … pasti karena ingin mengalami saat-saat hidup yang penuh sensasi *kedipin Idah Ceris*
3. Membuat tidak betah #kalo bawaannya tegang
Emang sih kalo bawaannya tegang terus saat ujian, semua jadi serba salah tuh. Tidak bakalan betah duduk nunggu lama-lama, maunya jalan hilir mudik seperti setrikaan. Tidak betah makan pelan-pelan maunya langsung ditelen aja tuh makanan, Tidak betah nunggu pengumuman hasil ujiannya, maunya kita sendiri aja yang ngasih nilai. O ya satu lagi .. pacar kita bakalan ndak betah deh deket-deket sama kita lantaran badan kita bau karena keringatan terus he he..
4. Membuat stress #kalo tidak bawa stok senyum
Banyak peserta ujian yang mendadak mendapat serangan stress akut secara tiba-tiba. Dan betul menurut Idah Ceris … untuk mengatasinya mudah kok,  bawa stok senyum yang banyak, itu obat yang sangat mujarab. Senyum ini akan membuat kita lebih rileks dan siap maju perang menghadapi ujian. Sebelum presentasi ada baiknya juga kita memberikan senyum terindah kita buat para dosen penguji, kali-kali aja bisa membuat kita mendapat pertanyaan yang tidak terlalu rumit dan menjatuhkan … *ini Cuma ide, boleh dipraktekkan boleh tidak kok .. ehm uhuk uhuk … mendadak batuk-batuk*

Dari keseluruhan cerita ini, ada sedikit tambahan dariku … boleh kan nambahin??? Ini nih tambahannya …. Simak ya :
1. Penyakit datangnya tidak terduga, bisa datang tiba-tiba. Terkadang meski kita sudah berusaha menjaga badan kita agar tetap sehat eh… sakit itu dengan cueknya, tetap aja menghampiri kita. Sebal kan …
2. Saat menjelang ujian, biasanya nafsu makan akan meningkat. Sudah dibuktikan sama dua orang lho … Buktinya nih, meski sakit demam nafsu makan Idah Ceris tetap baik, tetap lahap makannya. Dan orang kedua adalah aku sendiri buktinya, saat hari-hari menjelang ujian nafsu makanku meningkat drastis, maunya makan mulu … tapi anehnya meski makan terus, berat badan tidak bertambah malah berkurang … kenapa ya? Mungkin makanannya pindah ke otak semua kali …
3. Minum madu yang tanpa racun akan membuat badan lebih seger.. buktiin sendiri deh …
4. Saat akan menghadapi ujian, lebih baik datang lebih awal dan menunggu daripada datang nge-pas deket-deket waktu dan akhirnya malah telat, karena musibah kadang kadang tak terduga misalnya tiba-tiba aja hujan deras yang ujung-ujungnya malah tidak bisa berangkat. Atau misalnya saja kedatangan tamu cowok yang ganteng banget .. alhasil bakalan lupa deh kalau lagi mau berangkat ujian ..
5. Jangan lupa makan dulu kalau mau ujian kalo nggak… bakalan pingsan deh karena perut kram akibat deg deg an sindrom ujian ditambah lagi akibat kelaparan.
6. Tetap tenang … salut deh buat Idah Ceris yang masih sempet foto-foto temannya dan makan snack dulu sebelum ujian meski salah kostum .. ( o ya emang ndak apa2 ya kalau salah kostum? Di posting itu tdk diceritain lebih lanjut sih, padahal pengen tahu juga detailnya, diketawain atau malah jadi bintang idola nih karena beda sendiri dari peserta ujian lainnya .. )
7. Fakta nyata nih … hujan yang deras dan cuaca yang dingin tak mampu membuat peserta yang akan ujian merasa sejuk bahkan kebalikannya tetap merasa sumuk dan keringatan … aneh kan … aneh tapi nyata …

Itu aja deh tambahan dariku ...

Postingan Idah Ceris ini juga akan bermanfaat sekali bagi pembaca yang akan maju ujian kelulusan, banyak hal bisa dipetik terutama untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi agar tidak mengalami sindrom pra ujian berlebihan yang malah akan merugikan diri sendiri. Dengan persiapan yang baik tentunya, masa-masa menegangkan saat pra ujian dan saat hari ujian tiba akan bisa dihadapi dengan lebih tenang.

Dan buatku sebagai pembaca yang sudah melewati masa itu ... saat membaca cerita ini seakan kenangan masa kuliah itu hadir kembali dengan begitu jelasnya di pikiranku. Kenangan yang tidak akan pernah kulupa seumur hidupku meski sudah 15 tahun berlalu … Terima kasih buat Idah Ceris yang menghantarku ke memori masa lalu … masa penuh perjuangan dan kesulitan, masa menegangkan, masa yang mengharukan dan membahagiakan sekaligus …

 * berasa pengen mejeng foto kenangan wisudaku th 1997 lalu, 
nggak apa2 kan berbagi kenangan bahagia .. :D *

Dan for the end ..kuucapin ..
Selamat ya buat Idah Ceris dan teman-temannya yang dinyatakan Lulus oleh dosen penguji … Selamat ya .. 
Proficiat Idah Ceris….   

*Peluks .. Ikutan bahagia  bersama Idah Ceris* Ayooo traktirannya mana??? Ealah ujung-ujungnya … *larii … siap-siap digetok pake map kuning sama Idah Ceris .. *

Postingan ini diikutsertakan dalam Giveaway - nya Idah Ceris


5 komentar:

  1. Selamat sore, Ibu Liana. :D
    Tos dulu deh, TOS TOS TOS. .. :D
    Benar2 tidak menyangka kalau kita sama2 satu jurusan ya, Bu. :D
    #ini panggilnya Bu saja ya. :P

    Ketika saya menulis syndrom pra ujian, benar2 tidak ada rasa sedih. Eh, mungkin kalau saya menuilsnya sebelum ujian emotikonnya penuh dengan :(. :D

    Jangankan lihat map kuning, Bu. Lihat Dosen jalan di depan saya saja sudah cenut2 ini kepala. :D

    Disaat teman2 sedang sibuk belajar, saya asyik foto2, memfoto mereka tentunya. Makan snack, tiduran di TU. Semua itu saya lakukan supaya saya tidak tegang. :D #tiduran di TU karena lemes. :)

    TErimakasih atas tambahannya ya, Bu. Terimakasih juga sudah ikut memriahkan GA Langkah Catatanku.
    Makan2nya silahkan datang ke Banjarnegara. :D

    BalasHapus
  2. Iya deh .. dipanggil ibu saja tidak apa-apa, memang sudah jadi ibu kok *berasa semakin tua :D*

    Eh tapi namanya salah tuh,beda huruf terakhirnya Idah .. bukan Liana tapi Lianny he he ... *mesti slametan jenang abang nih klo ganti nama :D *

    Makan2 nya jauh amat .. di Banjarnegara ???

    Selamat Tahun Baru Idah Ceris, smoga smakin sukses di tahun ini ya .. amin ..

    BalasHapus
  3. Selamat ya buk Karena Sudah Lulus ...

    Semoga Tambah Sukses

    BalasHapus
  4. @ Muhammad Ridho : Amiin ... makasih buat doanya ..

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...