Senin, 07 Januari 2013

Galantine Kesukaan Anak

Saat membuka-buka resep masakan yang ada di aplikasi Masak Apa, aku tertarik dengan resep galantine udang. Sebetulnya aku pengen nyobain membuat resep ini karena jarang-jarang lho galantine dari udang, biasanya kan daging sapi. Tetapi kalau aku membuat galantine udang ini, pasti anakku yang pertama tidak bisa ikut menikmati karena dia alergi dengan masakan seafood seperti udang dan kepiting. 


Meski demikian galantine udang dari aplikasi Masak Apa ini membantuku memberi ide yang saat itu sedang bingung mau masak apa ya hari itu. Kebetulan saja di lemari es saat itu ada daging sapi dan di meja makan ada sisa roti tawar tadi pagi, langsung saja pikiranku teringat sama si galantine udang tadi. Aha… kenapa aku tidak membuat galantine saja ya daripada bingung-bingung, udang bisa kuganti dengan daging sapi kan? 

Akhirnya kukeluarkan blender daging, dan kusiapkan semua bahannya, tetapi ada sedikit modifikasi dari resep di aplikasi Masak Ap itu. Jadi bisa dibilang yang kubuat adalah galantine sederhana untuk anakku. Meski tergolong sederhana tetapi rasanya tetap enak dengan tekstur yang lembut dan empuk. 

Resep Galantine Udang 
Bahan :
250 gr udang kupas, potong- potong
1 lembar roti tawar,potong - potong
1 butir telur ayam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
20 gr wortel cincang halus
2 sdm daun bawang iris halus

Saus :
1 sdm margarin
1 siung bawang putih cincang
4 sdm saus tomat
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
300 ml kaldu
1 sdt tepung maizena

Cara membuat :
1. Masukkan semua bahan ke food processor kecuali wortel, proses hingga lembut.
2. Tambahkan wortel dan daun bawang, aduk rata.
3. Ratakan adonan udang diatas selembar plastik.
4. Gulung hingga rapi. bungkus hingga rapat.
5. Kukus dalam kukusan panas selama 30 menit hingga matang.
6. Angkat dan dinginkan.
7. Goreng dalam minyak panas hngga kecoklatan warnanya.
8. Potong melintang
9. Sajikan dengan sausnya.

Cara membuat saus : 
1. Tumis bawang bombay hingga layu.
2. Masukkan bahan lainnya.
3. Tuangi larutan maizena
4. Didihkan hingga kental.
5. Angkat

Sajikan galantine dengan sausnya ditambah dengan kentang goreng kesukaan anak-anak.
( Jumlah untuk 12 porsi )

Sedikit modifikasi yang kulakukan dari resep galantine diatas :

Untuk bahan galantinenya :
1. Udang kuganti dengan daging sapi lulur dalam.
2. Wortel dan daun bawang tidak kupakai.

Untuk bahan sausnya:
Kutambahkan kecap inggris 3 sdm dan kecap manis 1 sdm (tergantung selera).

Sedangkan cara pembuatannya sama, hanya saja setelah galantine matang dan dingin tidak kugoreng, jadi langsung aku potong-potong sehingga lebih lembut dan empuk.


Sedikit tips:
1. Jika plastik yang diisi adonan galantine tadi agak menggembung sedikit, bisa ditusuk-tusuk sedikit dengan garpu agar plastik rata dan galantine yang dihasilkan teksturnya bisa mulus (tidak berpori).

2. Jika disajikan sebagai lauk, galantine ini sangat nikmat juga dimakan dengan nasi yang masih hangat, yummy ...




Cobain aja deh … anak-anak pasti suka. Apalagi ditambah dengan kentang goreng kesukaan anak- anak, bisa tambah lahap tuh makannya … Ibu mana sih yang nggak senang kalau melihat buah hatinya makan dengan lahap. Pasti senang sekali ..

Aku sering juga melihat anak balita yang diberi masakan sup atau rawon, yang dimakan kebanyakan hanya kuahnya saja, sedang dagingnya disisihkan karena tidak bisa mengunyah dan menelan dengan baik. Nah, galantine ini bisa dijadikan makanan alternatif buat anak balita yang biasanya kurang bisa mengunyah makanan yang agak keras seperti daging itu. 
Suatu saat aku pasti akan mencoba resep galantine udang di aplikasi Masak Ap itu tanpa modifikasi, penasaran dengan rasanya sih. Tapi tentu saja aku harus siap membuat dua macam hidangan galantine : galantine udang dan galantine daging sapi agar semua anakku bisa makan tentunya. 

Aplikasi Masak Apa memang sangat membantu para ibu yang pusing harus memilih menu makanan yang akan disajikan setiap harinya. Aku pribadi sangat terbantu sekali dengan aplikasi Masak Ap yang ada di hpku, tidak harus membuka laptop pula. Dalam hitungan menit, sudah bisa melihat berbagai resep tebaru yang disajikan.

Selain itu di aplikasi Masak Apa ada berbagai macam tips yang sangat menambah pengetahuanku, aku yang semula tidak tahu menjadi tahu berbagai tips semisal: memilih ayam utuh, agar bola daging bagus bentuknya, mengukus ikan agar bau tidak anyir dan masih banyak lagi.
Salah satu Tips Hari Ini di aplikasi Masak Ap yang selain menambah pengetahuanku juga mengingatkanku akan kenangan indah masa kecilku dulu. Tipsnya adalah : Cara Memilih Mangga Ranum.

Buatku memilih mangga yang ranum, yang betul-betul masak dari pohonnya itu rada-rada susah sih. Terkadang suka juga ketipu sama penjual mangga, kelihatannya sih mangganya sudah matang, eh ternyata setelah dibuka warna dagingnya masih kuning pucat dan rasanya asam.

Ini sebagian kalimat yang kukutip dari tips tersebut :
Mangga yg matang pohon,cirinya kulit mangga berwana hijau terang merata, cukup berat dan menebarkan aroma harum terutama di bagian pangkal tangkainya. Jika dikupas warna daging buahnya orange tua dan di bagian ujungnya berwarna lebih tua. Tesktur renyah dan lembut karena masak alami.

Nah saat membaca tips tadi, gambar yang ditampilkan adalah gambar mangga yang dimekarkan, aduh... langsung deh teringat dengan mangga yang sering dibuatkan mama untukku saat aku kecil dulu, persis seperti itu. 

Cara membuatnya pasti semua orang juga bisa, semenit pun jadi he he .. Tinggal ambil mangga ranum, kulitnya tidak usah dikupas. Iris melintang menjadi dua bagian, tiap bagian dikerat kotak-kotak memakai pisau. Dan terakhir ... treng .. treng ... tinggal dimekarkan, jadi sudah mangga mekar yang mengundang selera.



Suatu ketika saat aku mencoba membuat mangga mekar itu dan kutunjukkan ke anakku, dia melongo karena tidak pernah melihat mangga yang seperti itu. "Wow indah sekali mama ... pasti enak nih!" pekiknya girang.
Sedetik kemudian anakku makan dengan lahapnya, mulut dan bajunya sedikit berlepotan air mangga yang kekuningan.



Enak ya nak?? tapi aduh ... tugas mamanya lagi nih membersihkan baju yang kena mangga. hiks.. Ah, nggak apa-apa deh yang penting anak senang ..

Makasih ya Masak Ap atas resep-resep dan tipsnya yang sangat bermanfaat dan membuat banyak ide menjadi muncul bersliweran ...
Ayo mau dimasakkan apa hari ini?? Siapa takut ... tinggal buka aja aplikasi Masak Apa ... pasti beres.

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti kontes "Blogger Jagoan Masak"


Resep ke 2 untuk lomba Blogger Jagoan Masak : Tumis Daging Teriyaki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...