Selasa, 14 Agustus 2012

Cantik Dengan Kosmetika Halal Di Hari Bahagia

Eyang putri mendesah pelan, dipandangnya Melati yang sedang duduk didepannya dengan kepala agak tertunduk.

“Melati, seminggu lagi kan kamu akan menikah dengan Bondan. Tidak kah kamu kepengen supaya kelihatan cantik di depan Bondan nanti?” 
“Tentu saja Eyang, tapi bukan berarti kan aku harus memakai kosmetik untuk membuat wajahku kelihatan cantik. Bukankah Eyang sering bilang bahwa bukan kecantikan wajah yang terpenting, tapi kecantikan hati nurani?”
“Iya memang betul Melati, kecantikan seorang wanita itu yang paling utama adalah kecantikan hati. Jika seorang memiliki kecantikan hati, dengan sendirinya akan terpancar juga di wajahnya, wajahnya akan lebih bersih dan berseri. Dan kosmetik itu akan lebih menyempurnakan kecantikan seorang wanita. Eyang tahu, kamu tidak suka memakai kosmetik apapun, tetapi dalam situasi tertentu misalnya menghadiri  pesta, apalagi pesta pernikahanmu sendiri, kamu tentunya harus merias wajahmu dengan kosmetik Melati, kan ndak lucu kalau pengantin perempuannya wajahnya cuma memakai bedak bayi saja..”

Ya, Melati adalah seorang gadis yang berwajah cantik dan berhati baik. Dia seorang gadis yang sopan, sederhana, rajin sembahyang dan membantu neneknya mencukupi kebutuhan keluarganya karena ayah dan ibu Melati sudah meninggal sewaktu dia masih kecil. Melati bukan gadis yang tomboy dan cuek dengan penampilan, karena dia sangat santun dalam berpakaian, hanya saja gadis itu tidak mau memakai kosmetik apapun kecuali bedak bayi dan sabun bayi yang digunakannya untuk mencuci wajah setiap kali mandi.
“Eyang tidak bisa menjelaskan panjang lebar tentang kosmetik, Eyang sudah tua. Tapi kamu bisa tanya sepuasmu ke bibi Rina. Besok bibimu jauh-jauh datang dari Jakarta kesini untuk membantu persiapan pernikahanmu, bibimu akan tinggal disini selama seminggu. Bibi Rina pasti akan bisa menjawab semua pertanyaanmu itu..”
Eyang putri bangkit dari tempat duduknya, ditinggalkannya Melati sendiran ..

****************
Esok harinya bibi Rina datang dari Jakarta dan sore itu Melati dan bibinya duduk di teras depan rumah menikmati secangkir teh hangat dan sepiring pisang goreng.
"Melati, kata Eyang, kamu tetap belum mau memakai kosmetik di hari pernikahanmu. Kamu masih ragu kan, bibi akan menerangkan ya tentang kosmetik, biar kamu tidak ragu lagi. Apa yang belum jelas nanti biar bibi coba jawab..." bibi Rina memulai percakapan.


Apa kita harus merawat badan dan wajah kita dengan kosmetik?

Sebaiknya begitu , karena dengan kita merawat tubuh dan badan kita dengan produk perawatan kosmetik, maka badan dan wajah kita menjadi sehat terawat. Badan kita kan anugerah dari Tuhan, kita tidak boleh menyia-nyiakannya, kita harus merawatnya dengan baik. Di era modern ini, siapa sih yang tidak mengenal kosmetik. Kosmetik tidak bisa dipisahkan dari wanita, bahkan bukan hanya wanita saja yang memakai kosmetik, para pria juga memakai kosmetik untuk menjaga penampilan wajah dan tubuhnya. Tetapi memang 80% pemakai kosmetik adalah wanita. Semua wanita ingin terlihat cantik dan menarik, karena itu mereka rela membeli berbagai macam kosmetik meskipun harganya sangat mahal, untuk membuat wajah terlihat cantik dan tubuh kelihatan menarik. Berbagai produk kosmetik perawatan juga banyak dijual dengan janji yang menggiurkan, bisa mencerahkan wajah dan kulit, bisa menghilangkan kerutan, bisa menghilangkan jerawat, membuat kulit menjadi halus dan sejenisnya. Sayangnya terkadang konsumen tidak berhati-hati dalam memilih kosmetik yang dibelinya. Akibatnya malah bisa membuat alergi, kulit bermasalah dan yang paling parah bisa menimbulkan kanker. Jadi tidak semua kosmetik yang ada di pasaran itu aman untuk kita pakai.

Apa yang harus diperhatikan agar kita bisa memilih kosmetik yang aman dipakai?
Yang harus kita lakukan:
1. Mengenal jenis kulit kita, apakah berminyak, normal,atau kering. Dengan mengetahui jenis kulit, kita bisa memilih produk kosmetik perawatan yang sesuai dengan jenis kulit kita.
2. Kita harus membaca terlebih dahulu kandungan bahan yang terdapat dalam kosmetik tersebut, apakah mengandung bahan yang berbahaya bagi tubuh atau tidak.
3. Batas tanggal kadaluarsa juga harus kita perhatikan. Jangan memilih yang hampir mendekati tanggal kadaluarsa.

Kandungan bahan berbahaya yang ada di kosmetik itu apa saja?
Banyak sekali kandungan bahan berbahaya yang ada dalam kosmetik, seperti :
1. Merkuri
Biasanya banyak terdapat di kosmetik untuk pencerah wajah. Pemakaian Merkuri (Hg) dapat menimbulkan berbagai hal, mulai dari perubahan warna kulit, yang akhirnya dapat menyebabkan bintik-bintik hitam pada kulit, alergi, iritasi kulit, kerusakan permanen pada susunan syaraf, otak, ginjal dan gangguan perkembangan janin bahkan paparan jangka pendek dalam dosis tinggi dapat menyebabkan muntah-muntah, diare dan kerusakan ginjal serta merupakan zat karsinogenik (menyebabkan kanker) pada manusia.
2.Hidrokuinon
Hidrokuinon termasuk golongan obat keras yang hanya dapat digunakan berdasarkan resep dokter. Bahaya pemakaian obat keras ini tanpa pengawasan dokter dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit menjadi merah dan rasa terbakar, bercak-bercak hitam.
3. Asam Retinoat / Tretinoin/Retinoic Acid Bahan ini dapat menyebabkan kulit kering, rasa terbakar, teratogenik (cacat pada janin).
4.Bahan pewrna merah K.3 (CI 15585), Merah K.10 (Rhodamin B) dan Jingga K.1 (CI 12075). Ketiga bahan ini merupakan zat warna sintetis yang umumnya digunakan sebagai zat warna kertas, tekstil atau tinta. Zat warna ini merupakan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker). Rhodamin B dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati.

"Ngeri sekali ya Bi kalau sampai terkena dampak bahan berbahaya kosmetik. Kalau kita sudah tahu kosmetik yang aman dipakai, apa yang harus kita lakukan?"

Langkah selanjutnya adalah : pilih kosmetik yang halal.
Kosmetik yang aman dari bahan-bahan kimia belum tentu halal.Sebagai kaum muslim kita tentu harus pandai mencermati kosmetik halal yang akan kita pakai, karena banyak bahan yang digunakan untuk kosmetik seringkali mengandung zat yang diragukan kehalalannya, atau terpapar najis. Seperti : cairan amnion, glyserin, kolagen dan hormon, semuanya harus dipastikan berasal dari hewan halal atau hewan haram.

Dan yang cukup popular sekarang adalah penggunaan plasenta. Plasenta yang biasanya diperoleh melalui proses persalinan atau melahirkan, mengandung hormon yang dapat menstimulasi jaringan pertumbuhan yang kemudian diklaim mampu menghilangkan kerutan jika digunakan sebagai bahan kosmetik. Plasenta dapat berasal dari hewan (mamalia) seperti sapi, kambing, babi dan manusia. Penggunaan dan pemanfaatan plasenta atau ari-ari dari jabang bayi manusia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah sepakat menetapkan fatwa haram. Ini sebagai bentuk dan implementasi dari kemuliaan yang telah dianugerahkan Allah kepada manusia. Ketua Komisi Fatwa MUI, Prof. Dr. Hasanuddin AF juga menegaskan bahwa plasenta yang berasal dari hewan haram, hukumnya haram. Sedangkan plasenta dari hewan yang halal dan diperoleh melalui proses persalinan, boleh digunakan.

"Melati sekarang mengerti Bi, jadi kita harus memilih kosmetik yang selain aman juga harus halal untuk kita pakai. Tapi kan susah kalau setiap kali beli kosmetik, harus membaca dulu kandungan bahannya yang begitu banyak, menghabiskan waktu saja. Apa ada cara yang lebih mudah untuk mengetahui apakah kosmetik itu aman dan halal ?


Supaya tidak membuang waktu, kamu hanya tinggal melihat logo halal MUI di kemasan produk kosmetik itu.Kalau ingin lebih detail lagi , caranya mengecek legalitas produk dengan melihat kode pendaftaran di Badan POM yakni kode CD untuk kosmetik lokal dan CL untuk impor.

Kenapa harus percaya kepada MUI?
Kita harus percaya kepada MUI karena MUI itu sebagai wakil kita, dan menyadari tanggung jawabnya untuk melindungi masyarakat, maka Majelis Ulama Indonesia mendirikan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika atau lebih dikenal sebagai LP POM MUI. Lembaga ini didirikan sebagai bagian dari upaya untuk memberikan ketenteraman batin umat, terutama dalam mengkonsumsi pangan, obat dan kosmetika. Pada awal tahun 1994, LP POM MUI mengeluarkan sertifikat halal pertama yang sangat didambakan oleh konsumen maupun produsen, dan sekarang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Bibi sudah menerangkan panjang lebar tentang kosmetik yang aman dan halal. Apakah sekarang sudah jelas Melati? Sekarang bibi mempunyai hadiah untukmu, untuk kamu pakai di hari pernikahanmu nanti, bukalah .."

Bibi Rina memberikan sebuah kotak berbalut pita keemasan yang indah kepada Melati. Melati menerima kotak pemberian bibi Rina dan membukanya perlahan, sedetik kemudian dia terbelalak ..... ternyata bibinya memberikan sepaket kosmetik yang lengkap sekali, mulai dari perawatan badan, perawatan wajah serta seperangkat alat make up.

Bibi tersenyum lembut, "Melati, ini bibi belikan sepaket produk kosmetik untukmu. Kamu juga bisa memakainya di hari pernikahanmu nanti ..."
Melati membaca tulisan di produk itu .."Wardah..".
"Bi, ini kan seperti iklan yang ada di tv itu kan, yang bintangnya  Inneke Koesherawati?"
"Iya, itu kamu juga tahu. Cantik kan?"
"Iya, cantik sekali bi. Tapi kenapa Melati harus memilih dan memakai kosmetik Wardah ini?"

Alasan kenapa kita memilih kosmetik Wardah :
1.  Kosmetik Wardah adalah produk kosmetik yang mendapatkan sertifikasi halal pertama kali di Indonesia. Wardah diformulasikan halal , aman dan berkualitas.
2. Jenis produk kosmetik Wardah juga banyak kok seperti : Acne series, basic series, lightening series,make up base, make up powder, decorative, eye make up, scentsation - body, spa series, scentsation - Eau, Natural series, Accessories, make up kit dan masih banyak lagi.
3. Harganya juga tidak mahal, cukup terjangkau dan relatif murah kok, tidak sampai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Harus diingat bahwa kosmetik dengan harga yang mahal bukanlah jaminan kalau kosmetik itu berkualitas, aman dan halal untuk dipakai.
4. Kosmetik Wardah menghasilkan riasan yang natural dan terlihat sempurna bagi wajah kita, sehingga membuat wanita semakin percaya diri.
5. Inspiring beauty - harus diingat bahwa kosmetika tidak hanya untuk tubuh akan tetapi juga untuk jiwa. Kecantikan yang menginspirasi dari Wardah mendorong setiap wanita untuk senantiasa percaya diri dan peduli terhadap sesama. Jadilah seorang wanita yang bisa memberikan inspirasi yang baik bagi orang lain, bukan hanya karena kecantikan wajahnya saja tetapi juga karena kecantikan hatinya.

Kesimpulannya : Pakailah kosmetik aman dan halal untuk mempercantik wajahmu sebagai ibadah, cantik di mata suamimu dan tidak menyimpang dari ajaran agamamu. Cantik luar dan dalam, cantik batinmu dan ragamu  ...
 
"Kini semakin banyak wanita yang beralih ke Wardah, karena  selain terbukti aman dan halal, hasil tata riasnya juga terlihat sempurna.  Jadi kamu tidak usah ragu lagi untuk menggunakan kosmetik Wardah ini Melati. Bagaimana? Mau kan kalau nanti di hari pernikahanmu, kamu memakai kosmetik Wardah ini? Tidak usah kuatir, bibi yang akan meriasmu, semua orang yang hadir akan pangling melihatmu nanti. Berikan kejutan untuk calon suamimu, bagaimana.. ?" Cukup lama juga bibi Rina menanti jawaban dari bibir Melati. Akhirnya kepala Melati mengangguk perlahan, dan itu sudah cukup membuat bibinya terlonjak kegirangan.

************
Melati menatap foto ibunya yang sedang tersenyum, seorang wanita yang cantik. Di sampingnya juga terdapat kebaya dan kerudung putih milik ibunya yang dulu dipakai di hari pernikahan ibunya, warnanya masih tetap putih dan bersih karena disimpan dan dijaga dengan rapi. Besok pagi, di hari pernikahannya, dia akan memakai kebaya dan kerudung putih itu. Dia juga sudah mantap dan tidak ragu lagi untuk memakai kosmetik Wardah di hari pernikahannya, tentu saja dengan bibi Rina sebagai periasnya karena dia masih belum mahir memakai kosmetik. Dipandangnya juga foto ayahnya. "Melati minta doa restunya Ayah, ibu, doakan Melati ya .. " bisik Melati terisak.

************
Hari pernikahan yang ditunggu-tunggu pun datang ... Bondan duduk disamping orangtuanya, menanti sang pengantin wanita, Melati ... Beberapa detik kemudian sang pengantin wanita itu muncul didampingi oleh Bibi Rina. Melati tersenyum kepada Bondan yang terbelalak menatap wajahnya, yah Bondan dan semua yang hadir terkejut memandang Melati. Betapa tidak, Melati sungguh sangat cantik mempesona, wajahnya yang biasanya sudah cantik meskipun polos tanpa make up kini menjadi semakin cantik dengan riasan make up dari kosmetik Wardah yang lembut dan natural, tidak mencolok tapi sanggup memancarkan kecantikan Melati, sungguh riasan yang sangat sempurna. Dengan kebaya putih dan kerudung putih milik ibunya, Melati sungguh tampak mirip dengan ibunya almarhum. Di sudut ruang itu, diam-diam Eyang putri meneteskan air matanya di wajahnya yang keriput, air mata haru dan bahagia .... Selamat menempuh hidup baru Melati ...

 
### My favorite colour - Wardah Longlasting Lipstick 04 ( Antique Pink ) ###


***********
Postingan ini diikutsertakan dalam lomba Blog yang diadakan oleh BLOGdetik bekerja sama dengan LPPOM MUI untuk mensosialisasikan Halal Is My Life. Kali ini dengan menggandeng WARDAH, sebagai produk kosmetik yang mendapatkan sertifikasi halal pertama kali di Indonesia.

Sumber bahan dan gambar :
http://www.wardahbeauty.com/
http://www.halalmui.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...