Sabtu, 28 April 2012

Pentingnya Peran Ibu Dalam Kesehatan Keluarga dan Negara

 Kesehatan itu mahal harganya, apalah artinya kekayaan jika tubuh tidak sehat dan penuh penyakit? Uang bisa dicari tetapi kesehatan tidak. Mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati. Karena itulah kesehatan harus terus dijaga, mulai dari lingkungan yang paling dekat terlebih dahulu, yaitu keluarga.
Kebiasaan hidup sehat didalam keluarga harus dilakukan sejak dini. Jika disiplin dalam kesehatan di lingkungan keluarga, maka menjaga kesehatan di luar rumah, seperti di sekolah, di kantor atau di lingkungan luar lainnya akan lebih mudah dilakukan. Jika kesehatan di keluarga dan lingkungan sudah terbina maka akan berdampak secara keseluruhan terhadap kesehatan di Negara kita.

Dan sebagai penggerak, promotor kesehatan itu biasanya adalah para wanita. Para wanita yang sudah berkeluarga terlebih yang sudah mempunyai anak, pasti akan sangat berhati-hati sekali dengan asupan yang dimakan untuk buah hatinya. Para ibu ini akan bersusah payah meluangkan waktunya untuk memasak bagi keluarga. Sudah pasti masakan ibu akan jauh lebih bersih dan lebih sehat dari makanan yang dibeli di luar. Selain itu sang ibu dengan kreatif bisa mengkreasikan bahan-bahan makanan yang ada berdasar kesukaan masing-masing anggota keluarga. Hanya ibu yang bisa mengerti apa yang disukai dan apa yang tidak disukai oleh suami dan anak-anaknya. Makanan yang disajikan sang ibu, meskipun tanpa penyedap dan pengawet,  akan jauh terasa lebih nikmat karena disajikan dengan penuh cinta dan keikhlasan hati  seorang ibu. Seorang ibu meskipun tidak pandai memasak, secara naluriah akan terus belajar untuk memberikan masakan yang terbaik bagi keluarga. Bagi yang mempunyai anak yang masih sekolah di  sekolah dasar, bisa membawakan bekal makanan dari rumah dengan menu yang bervariasi tiap hari agar si anak tidak menjadi bosan.

Sungguh, alangkah mirisnya jika melihat anak-anak sekolah dasar yang suka membeli makanan yang banyak dijual di depan sekolah. Bentuknya yang beragam sangat menarik hati ditambah dengan warna yang memikat, apalagi harga yang ditawarkan cenderung murah. Tetapi kita tidak tahu bahan apa yang terkandung di dalamnya, berbahaya atau tidak terhadap kesehatan kita, layak atau tidak untuk dimakan. Para ibu pasti akan memberikan pengarahan kepada anaknya agar jangan membeli makanan sembarangan yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Dan ini tidak mudah, perlu waktu yang lama dan nasehat yang berulang kali diucapkan agar muncul kesadaran diri dari si anak terhadap kesehatannya sendiri. Kesadaran akan kesehatan yang muncul dari kesadaran diri sendiri akan jauh lebih langgeng dan menetap, sehingga tidak mudah dipengaruhi oleh teman dan lingkungannya.

Selain makanan, para ibu biasanya juga sangat disiplin akan kebersihan badan, mandi, menggosok gigi, mencuci tangan sebelum makan dan mencuci kaki sebelum tidur malam. Anak-anak dibiasakan mencuci tangan sebelum makan dan setelah bermain di luar rumah.  Meskipun dibilang cerewet oleh anaknya karena banyaknya disiplin tentang kesehatan badan ini, pastilah sang ibu tetap akan terus dan terus memberi contoh dan menasehati anaknya. Lambat laun ini akan menjadi kebiasaan di dalam rumah.

Selain itu para ibu ini juga memberi contoh menjaga kesehatan dengan berolah raga secara teratur. Meskipun mungkin alasan utamanya untuk menurunkan berat badan atau membuat badan langsing ( ibu yang sudah melahirkan anak biasanya badannya kan lebih gemuk), tetapi ini juga akan bisa membuat suami dan anak-anak ikut-ikutan juga berolah raga.

Jika sudah terbiasa hidup sehat dalam lingkungan keluarga, maka disiplin ini akan terbawa ke luar lingkungannya. Bayangkan jika setiap individu melakukan ini dengan baik, maka kesehatan Negara juga akan terjaga. Alangkah indahnya jika Negara ini bersih dan sehat dari segala penyakit, warga pasti akan hidup dengan nyaman dan bahagia.

Sangat tepatlah jika dikatakan bahwa peran ibu itu sangat penting dalam kesehatan keluarga dan Negara. Ayo para wanita Indonesia khususnya para ibu  mari kita buktikan ..!! Tetap semangat ya, meskipun  kita dikatakan cerewet, yang penting kan keluarga menjadi sehat ..!! Sehat jiwa raga .. !!

tulisan ini ditulis untuk mengikuti lomba blog yang diselenggarakan oleh Liza Fathiariani dan disponsori oleh Blogdetik , Kamoe Publishing Forum Lingkar Pena Aceh , Piyoh Design , Rise Up Coffeehouse, Kedai Bandar Buku, falyadesign.com | Your Design Partner”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...